KODE DFP HEAD Definisi Pengertian Asuransi dan Takaful | Informasi Seputar Asuransi | Insurance Information

Definisi Pengertian Asuransi dan Takaful

KODE IKLAN ATAS ARTIKEL 336x280
KODE IKLAN TENGAH ARTIKEL
Pengertian Asuransi Takaful - Hi sobat sekalian, artikel kedua ini kami akan bahas sedikit mengenai definisi atau pengertian asuransi dan takaful. Untuk pengertian asuransi sendiri pernah kita bahas diartikel pertama berjudul : Pengertian Asuransi, Manfaat dan Jenisnya. Namun gak ada salahnya kita sedikit mengulang mengenai pengertian asuransi. Asuransi adalah sebuah bentuk manajemen resiko yang dilakukan oleh seseorang, baik perseorangan, perusahaan ataupun organisasi kepada perusahaan asuransi dengan membayar iuran dengan jumlah tertentu sebagai premi sehingga jika suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, kerusakan, kematian dan lain sebagainya maka akan mendapat kompensasi dari perusahaan asuransi tersebut.

Atau menurut Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 246, Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu. Nah kurang lebih seperti itu pengertian tentang asuransi. Lantas apa yang dimaksud dengan Takaful atau asuransi takaful.
pengertian asuransi takaful
Customer Service sebuah perusahaan asuransi takaful
Pengertian Asuransi Takaful

Takaful berasal dari bahasa arab yakni "Kapul" yang artinya menolong atau memberi nafkah atau mengambil alih perkara seseorang. Nah dari kata tersebut maka bisa kita jabarkan mengenai arti sebenarnya dari Takaful, menurut Muamalah Takaful berati saling tolong menolong dengan orang lain dalam hal memikul setiap permasalahan yang dialami. Jika ada orang lain yang mengalami kesusahan maka kita harus menolongnya dengan sama-sama mengeluarkan dana kebajikan, begitupun jika kita mengalami keusahan maka orang lainpun akan sama menolong kita dan saling menanggung kesusahan tersebut.

Atas dasar itulah maka muncul istilah asuransi takaful atau asuransi yang sesuai dengan syariah (Asuransi Syariah). Jadi pengertian Asuransi Takaful adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk saling melindungi dan menolong satu sama lain dengan cara menginvestasikan dana sesuai dengan akad yang dianjurkan oleh Syariah, yakni tidak mengandung unsur penipuan, riba, suap dan lain sebagainya yang dilarang oleh agama.

Ada beberapa keunggulan dari Asuransi Takaful selain dari sistemnya yang sesuai dengan syariat yang artinya kita tak perlu khawatir mengikuti asuransi ini karena akan terhindar dari riba dan sejenisnya, apalagi di Indonesia sendiri memang mayoritas beragama Islam. Kelebihan yang bisa didapatkan dari sistem ini adalah jika suatu hari anda mengalami kesalahan dan ternyata diharuskan membayar dengan jumlah uang lebih besar dari dana iuran asuransi anda, maka pihak asuransi takaful akan mebayar atau menanggung semua resiko yang anda alami dengan dana dari simpanan tak terduga. Inilah yang dimaksud dengan sistem tolong menolong antar satu sama lainnya.

Nah seharusnya memang asuransi takaful menjadi pilihan tepat bagi masyarakat di Indonesia, namun sayangnya mengingat keberadaan asuransi konvensional sudah dikenal lebih lama membuat masyarakat kurang begitu mengetahui dengan gamblang priha asuransi syariah ini. Meski demikian anda yang berencana ikut program asuransi takaful ada baiknya mencari tahu dulu prihal kelebihan dan kekurangannya. Nah berikut ini kami sampaikan beberapa poin diantaranya.

Kelebihan Asuransi Takaful

1. Jelas sesuai dengan syariah yang artinya asuransi ini bebas dari riba, tipu, suap dan lain sebagainya yang merupakan sesuatu yang haram bagi umat Islam, Asuransi ini lebih kepada sistem tolong menolong dengan prinsip bagi hasil atau Mudharabah.

2. Jika jenis asuransi berhubungan dengan keluarga maka asuransi tersebut bisa diwariskan.

3. Klaim asuransi hanya bisa diberikan bagi orang yang terkena musibah dengan perhitungan yang lebih detail dan tepat yakni kerugian yang didaapat memiliki perhitungan yang wajar dengan kerugian yang telah terjadi.

4. Keterbukaan antara pemegang asuransi dengan perusahaan asuransi takaful salah satunya adalah biaya operasional diambil dari biaya asuransi yang dibayarkan, tentu saja hal ini disesuaikan dengan perjanjian diawal.

Kekurangan Asuransi Takaful

1. Jenis asuransi Takaful atau asuransi Syariah masih belum begitu dikenal oleh masyarakat dan masih kalah dibanding asuransi konvensional dikarenakan memang asurasi ini hadir setelah ada asuransi konvensional.

2. Dana yang dibayarkan dan terkumpul di asuransi takaful tidak bisa diinvestasikan di investasi lainnya kecuali ada ijin dari dewan pengawas, hal ini kemungkinan untuk menghindari riba dan sebagainya.
Asuransi dan Takaful
Takaful Indonesia
Cara mendapatkan Asuransi Takaful

  • Bisa secara langsung mendaftar diperusahaan asuransi Takaful
  • Bisa melalui agen asuransi perusahaan tersebut
  • Bisa mendaftar melalui situs online perusahaan

Tips sebelum membeli Asuransi dan Takaful

  • Sebaiknya fahami dulu sistem dari asuransi tersebut muali dari kebijakan serta berbagai jenis prosuk asuransi yang ditawarkan.
  • Sesuaikan produk asuransi yang akan diambil sesuai dengan kebutuhan
  • Sesuaikan premi atau iuran asuransi yang dibayarkan setiap bulan tidak memberatkan anda
  • Daftarlah pada perusahaan asuransinya langsung atau melalui agen asuransi yang jelas dan terdafar.
  • Bijaklah memilih asuransi.

Nah demikian ulasan kami mengenai definisi asuransi dan Asuransi Takaful, serta kelebihan dan kekurangannya. Bagi kami sediri asuransi takaful yang sesuai syariah islam tentu akan lebih baik dan lebih aman melindungi setiap nasabahnya, selain itu jenis asurans ini akan mengindarkan anda dari riba dan sebagainya sehingga dana yang diasuransikan tetap terjaga kebersihannya.
KODE IKLAN BAWAH ARTIKEL
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2